MACAM MACAM :
1.
Information
Technology Infrastructure Library (ITIL)
ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan (TI). Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya.
ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan (TI). Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya.
2. Control Objectives for Information and Related
Technology(COBIT)
COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) merupakan audit sistem informasi dan dasar pengendalian yang dibuat olehInformation Systems Audit and Control Association (ISACA) dan IT Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) merupakan audit sistem informasi dan dasar pengendalian yang dibuat olehInformation Systems Audit and Control Association (ISACA) dan IT Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
3. Business Information Services Library (BISL)
BiSL adalah standar domain publik sejak tahun 2005, diatur oleh Lembaga ASL BiSL (sebelumnya Lembaga ASL). Kerangka kerja ini menggambarkan standar untuk proses dalam manajemen informasi bisnis di strategi, manajemen dan operasi tingkat. [1] BiSL berkaitan erat dengan ITIL dan ASL kerangka, namun perbedaan utama antara kerangka kerja ini adalah bahwa ITIL dan ASL fokus pada pasokan sisi informasi (tujuan organisasi TI), sedangkan BiSL berfokus pada sisi permintaan (yang timbul dari organisasi pengguna akhir)
BiSL adalah standar domain publik sejak tahun 2005, diatur oleh Lembaga ASL BiSL (sebelumnya Lembaga ASL). Kerangka kerja ini menggambarkan standar untuk proses dalam manajemen informasi bisnis di strategi, manajemen dan operasi tingkat. [1] BiSL berkaitan erat dengan ITIL dan ASL kerangka, namun perbedaan utama antara kerangka kerja ini adalah bahwa ITIL dan ASL fokus pada pasokan sisi informasi (tujuan organisasi TI), sedangkan BiSL berfokus pada sisi permintaan (yang timbul dari organisasi pengguna akhir)
4.
Microsoft
Operations Framework (MOF)
Microsoft Operations Framework (MOF) 4.0
adalah serangkaian panduan yang bertujuan membantu teknologi informasi (TI)
profesional menetapkan dan menerapkan layanan yang handal dan hemat biaya.
5.
eSourcing
Capability Model for Service Providers (Escm-sp) daneSourcing Capability Model for
Client Organizations (eSCM-CL) dariITSqc
for Sourcing Management
eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) adalah suatu kerangka kerja yang dikembangkan oleh ITSqc di Carnegie Mellon University. eSCM-SP adalah “praktek terbaik”
eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) adalah suatu kerangka kerja yang dikembangkan oleh ITSqc di Carnegie Mellon University. eSCM-SP adalah “praktek terbaik”
Perbandingan
·
COBIT VS ITIL
·
ITIL lebih ke focus ke IT
sedangkan COBIT lebih ke pandangan yang lebih menyeluruh
·
Salah satu kelebihan COBIT adalah adanya
dukungan untuk melakukan audit dan evaluasi kinerja IT, dimana hal ini tidak
didapatkan di dalam ITIL.
·
COBIT datang dengan assestment
framework, training dan sertifikasinya pun dilengkapi dengan assessor program,
assestment akan didasarkan capability dibandingan dengan tingkat maturity nya.
·
ITIL disisi lainnya memberikan nasehat
detail bagaimana untuk melaksanakan proses yang ada didalam COBIT
·
BISL VS MOF
·
MOF mengelola manajemen operasional TI
sedekemikian rupa sehingga bisnisnya dapat mengandalkan ketersediaan layanan
yang tinggi, sementara BISL hanya berfokus pada sisi permintaan.
·
BISL memberikan atau memfasilitasi
pamahanan dan komunikasi yang lebih baik, sementara MOF tidak terfokuskan
dengan itu.
·
Escm-sp VS MOF
·
Escm bertujuan menyediakan
klien dengan cara yang obyektif mengevaluasi kemampuan penyedia layanan
·
Pada MOF lebih menetapkan layanan dimana
memberikan layanan yang handal, relevan dan praktis sementara BISL masih
standar dalam melakukan proses layanannya.
No comments:
Post a Comment