Pada
postingan kali ini kita akan membahas tentang sejarah perkembangan Sistem/Teknologi Informasi. Dan beberapa perkembangan perangkat keras & lunak dan memahami komponen perangkat lunak. Silakan dinikmati.
I. Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi
Informasi
1. Sejarah
Teknologi Informasi (TI)
Teknologi
Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information
technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi yang membantu manusia dalam
membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara,
dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi,
tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam
modern (misalnya ponsel)
Pada
awal sejarah, manusia bertukar informasi lewat bahasa. Maka bahasa adalah
teknologi, bahasa dapat membuat seseorang memahami informasi yang disampaikan
oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu
selesai, maka informasi yang ada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan
tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah
itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar
jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan
disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan
lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang
sehingga manusia sekarang dapat memahami informasi yang ingin disampaikan
pembuatnya.
Ditemukannya
alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih
efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa
dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII
diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan
informasi itu.
Kemudian,
teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi.
Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi
menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
2. Perkembangan Komputer
Istilah
Komputer berasal dari bahasa latin "computare", yang berarti alat
hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam
hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi.
Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang
mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. Berikut ini contoh penemuan
komputer.
*Mesin Analitik (Analitical Engine)
Sampai
dengan munculnya ilmuan bernama Howard H.Aiken (1900-1973), seorang insinyur
Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik
untuk untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan
bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM
Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), atau Mark I, merupakan komputer
relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan
komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi dengan lambat (membutuhkan 3-5 detik
untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat di
ubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan
persamaan yang lebih kompleks. Komputer ini sesungguhnya merupakan dambaan
Charles Babbage. Generasi Komputer
Komputer
di bagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap
generasi dibedakan berdasarkan kemampuan teknologinya untuk melakukan
serangkaian proses (capability), makin rendah biaya operasionalnya dan makin
mudah menggunakannya (user friendly).
*Merupakan mesin yang sangat besar
dan membutuhkan daya sebesar 160 kW
Komputer
ini dirancang oleh John P.Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980).
ENIAC merupakan komputer serbaguna yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding
Mark 1. Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim
University Of Pennysylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer 40
tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain
Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan
sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini
memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan
pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan
sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi
komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I
(Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand, menjadi
komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann.
UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric. Salah
satuhasil mengesankan komputer UNIVAC, yaitu prediksi kemenangan Eisenhower
dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 1952.
3. Perangkat Komputer
Central Processing Unit (CPU)
CPU
merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari
komputer tersebut. CPU atau sering juga disebut dengan microprocessor atau
processor merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer.
Karena itu, kinerja sebuah komputer
sangat tergantung pada kinerja CPU-nya.
Memori
Memori
adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi
sebelum atau sesudah diproses oleh processor. Informasi tersebut dapat
berbentuk perintah-perintah maupun data-data. Sebagai tempat penyimpanan,
memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan dimana masing-masing ruang penyimpanan
tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa nomor-nomor yang menunjuk lokasi
tertentu di memori. Memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu memori internal
yang disebut dengan RAM (Random Access Memory) dan memori eksternal yang
disebut dengan ROM (Read Only Memory).
Harddisk
Harddisk
adalah media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Saat ini, harddisk
dapat menimpan data sampai 400 gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin
pesatnya kemajuan teknologi komputer. Kecepatan putaran harddisk menetukan
kecepatan akses ke setiap data.
Motherboard
Motherboard
merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perankat-perangkat
lain, seperti processor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap
perangkat memiliki slot tersendiri sehingga memungkinkan perangkat tersebut
melekat di motherboard.
VGA Card
VGA
Card adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital
menjadi sinyal gambar. VGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk digital
ditampilkan dalam bentuk gambar di layar monitor.
Keyboard
Keyboard
adalah seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi
komputer. Masing-masing tombol keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu.
Mouse
Mouse
merupakan suatu perangkat yabg digunakan untuk menjelajahi program, memilih
perintah, dan menjalankan sebuah perintah.
Monitor
Monitor
merupakan perangkat output yang memberikan tampilan visual kepada pengguna
komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program-program
atau komputer di layar monitor. Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun
meminta masukan kepada pengguna komputer melalui tampilan di layar monitor.
Speaker
Speaker
adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah
headset atau earphone.

4. Pemanfaatan Sistem/Teknologi
Informasi
Manfaat IT dalam
perkembangan kehidupan sehari hari memang sangat banyak, terutama untuk
pendidikan, industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat
lah banyak. Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk
dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi
kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan
memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan
keuntungan mereka.
Manfaat
IT dalam membangun suatu individu, perusahaan, bahkan sebuah negara sangat berdampak
besar. Terbukti bahwa IT (Information Technology) dapat mengubah suatu
Individu, perusahaan, bahkan suatu organisasi dan negara seperti membuat
pekembangan dan kemajuan untuk mereka ataupun dapat menjatuhkan mereka secara
mudah.
Pemanfaatan
IT untuk mendukung berbagai kebutuhan dan perkembangan organisasi, individu dan
perusahaan tentu akan mendatangkan sesuatu yang positif. Namun perlu diketahui
bahwa IT dapat membuat kita menjadi insan yang lebih berarti dengan
memanfaatkannya untuk hal yang positif. Manfaat IT untuk hal yang positif tentu
akan mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan.
Dalam
kehidupan sehari hari IT memang memegang peranan penting tidak mengenal dan ada
batasan usia, IT menjadi suatu hal yang harus dan menjadi kebutuhan pokok semua
individu. IT menjadi bahan utama dalam berbagai kegiatan apapun seperti
perkuliahan, belajar mengajar, dan kegiatan lainnya.
II. Perkembangan Perangkat Keras
& Perangkat Lunak
1. Pemahaman Komponen Perangkat
Keras
INPUT DEVICE
Input
device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau
masukan, baik itu perintah maupun koneksi kedalam sistem komputer. Ada beberapa
perangkat yang masuk kategori input device, diantaranya adalah:
- Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer
- Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik
- Touchpad : Touchpad berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop.
PROCESS
DEVICE
Perangkat
ini merupakan perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam
komputer itu sendiri.
- CPU / Processor : merupakan singkatan dari central processing unit atau yang juga dikenal dengan istilah processor adalah bagian terpenting yang menjalankan sistem komputer. Bisa di ibaratkan sebagai otak pada komputer.
- Memori / RAM (random access Memory) : Memori merupakan perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara. Sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Maka dari itu RAM besar berpegaruh pada kecepatan komputer.
- Motherboard : Merupakan perangkat yang menghubungkan perangkat keras komputer antara satu dan yang lain.
- VGA Card (Video Graphic Array) : Biasa juga disebut kartu grafis yang berfugsi untuk memberikan tampilan berkualitas pada layar komputer. Biasanya setiap mainbord sudah memiliki VGA bawaan, namun untuk kualitas beresolusi tinggi yang jernih VGA Card sangat diperlukan.
- Power Supply: berfungsi untuk menghantarkan aruslistrik sebagai pengontrol besarnya voltasi yang masuk ke komputer.
- Casing Unit: Merupakan tempat dimana semua perangkat disatukan
Peragkat
keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan
data-data komputer.
- Hardisk : Perangkat penyimpanan utama pada komputer, biasanya tampil di komputer dengan sebutad Drive :C, Drive D, dan seterusnya. Tergantung pembagian partisinya.
- Floppy Disk : Biasa dikenal dengan sebutan disket, merupakan penyimpanan luar pertama, sangat populer semasa sitem DOS, lotus123, sistem komputer jaman dulu. Sekarang sudah jarang dijumpai dan mulai tergantikan oleh CD/DVD dan Flashdisk.
- CD/DVD : Penyimpanan ekternal berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.
- Flashdisk : Perangkat penyimpanan eksternal yang saatini paling banyak digunakan karena bisa menyimpan dan menghapus data.
OUTPUT
DEVICE
Output
device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik
berupa tampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya.
Adapun yang termasuk output device adalah:
- Monitor/ Lcd Monitor : berfungsi untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/ gambar
- Speaker : befungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer
- Printer : untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya
2. Pemahaman Komponen Perangkat
Lunak
Evolusi Perangkat Lunak
Setelah
kita membahas Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi, kita sedikit mundur, untuk membahas
evolusi perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi
menjadi 4 tahap, yaitu :
Tahap
Pertama (1950 – 1960)
Evolusi
perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal
1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap
pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas
untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus
harus memesan terlebih dahulu.
Tahap
Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi
Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan
tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan perangkat lunak
mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah
banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada
perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer
Interaction).
Selain
itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini
adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan
mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta
menghasilkan output yang diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga
paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database
dalam perangkat lunak.
Tahap
Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi
Perangkat Lunak tahap ketiga, dimulai pertengahan
tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat lunak
sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem
terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke
komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras
dari suatu komputer harganya sangat murah. Selain itu, pesanan perangkat
lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga
penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap
Keempat (1990 – 2000)
Evolusi
Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun
1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari
pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer
sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi. TIngkat kecerdasan dari
perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software
dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia. Terbukti
dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar
dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat
mendominasi pada era ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah
berorientasi obyek (OOP).
Klasifikasi
Perangkat Lunak Sistem
Kali
ini akan membahas tentang klasifikasi perangkat lunak atau software. Perangkat
lunak atau software dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam yaitu:
- Sistem Operasi
(Operating System)
- Bahasa
Pemrograman(Programming Language)
- Program
Bantu(Utility)
1.
Sistem Operasi ( Operating System)
Sistem
opersi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sisitem kerja yang
mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori,
penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai
penghubung antar manusia (User) dengan perangakat keras (Hardware) dan perangkat
lunak(Software) yang digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
- Menyimapan program
dan aksesnya.
- Membagi tugas
didalam CPU.
- Mengalokasikan
tugaas-tugas penting.
- Merekam
sumber-sumbeer data.
- Mengatur memori
sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan menadapatkan data.
- Memeriksa
kesalahan sistem.
- Multitugas pada
OS, Windows98, Windows XP, Windows 7.
- Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi(password) dan penggunaan ID. Contoh sistem operasi, misalnya: Disk Operating System(DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
2. Bahasa
Pemrograman (Programing Utility)
1. Perangkat
lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan
instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan
aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh komputer. Ada 3 level bahasa
pemrograman, yaitu:
· Bahasa
tingkat rendah (Low Level Language)
Bahasa
ini di sebut juga bahsa mesin (Assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan
kode angka 0 dan 1.
·
Bahasa tingkat tinggi(High Level
Language)
Bahasa ini termasuk
dalam bahasa pemrogramana yang mudah di pelajari oleh pengguna komputer karena
menggunakan bahasa inggris. Contohnya: BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
·
Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL
(Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang beroreintasi pada objek yang
disebut Object Oriented Programming (OOP). Contohnya: Visual Basic, Delphi,
Visual C++.
3. Program
Bantu (Utility)
Perangkat
lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada
hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan
fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file
dan pemeriksaan keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk
(partisi, defrag) dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
Klasifikasi Perangkat Lunak
Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi
adalah suatu subkelas perangkat
lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung
untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang
mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer,
tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan
suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi
adalah pengolah kata, lembar kerja,
dan pemutar media.
Beberapa
aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi. Contohnya adalah Microsoft
Office dan OpenOffice.org,
yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata,lembar kerja,
serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya
memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan
sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi.
Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain
sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan
dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang
terpisah.
No comments:
Post a Comment